blog-details

Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan perangkat media yang berfungsi sebagai alat bantu untuk memperoleh data dan informasi untuk dapat digunakan oleh masyarakat banyak guna berinteraksi baik secara perorangan maupun lebih. Saat ini, Teknologi Informasi dan Komunikasi telah berkembang pesat pada era modern yang disertai dengan dampak yang sangat besar pula.

Dalam proses pengembangan teknologi canggih ini tidak terlepas dari sisi perkembangan di bidang ilmu pengetahuan. Sama halnya dengan kemajuan teknologi, kemajuan pada ilmu pengetahuan pun memiliki memiliki banyak dampak negatif maupun dampak positif seiring berjalannya waktu. Terobosan akan pembaharuan dari bidang-bidang ini menjadi lebih canggih mencakup banyak aspek lainnya seperti aspek ekonomi, pemerintahan, dan juga pendidikan. Hal paling menarik dan menjadi perbincangan dunia saat ini ialah terkait pengaruh dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di dalam bidang pendidikan yang menghasilkan perspektif mayarakat secara negatif maupun positif seperti yang akan dijelaskan pada poin-poin berikut ini.

Dampak positif dari hasil perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan ialah:

- Informasi dapat disajikan secara lebih cepat, mudah, dan praktis melalui berbagai macam akses yang tersedia.

- Terciptanya berbagai macam jenis media massa guna mempermudah dunia pendidikan dalam mencari sumber pendidikan maupun pengetahuan yang dibutuhkan.

- Dengan teknologi yang lebih canggih, para siswa tidak lagi harus belajar melalui cara kuno yakni bertatap muka secara langsung dengan guru melainkan dapat dilakukan via online atau internet seperti halnya pada aplikasi Skype atau videocall.

- Memberikan peluang munculnya potensi terpendam yang dimiliki oleh siswa.

- Memudahkan berbagai macam elemen di dunia pendidikan dalam berkomunikasi terkait pelajaran.

Selain dampak positif, tentunya akan disertai dengan dampak negatif terkait kemajuan di dalam dunia teknologi informasi dan komunikasi yang mempengaruhi dunia pendidikan ialah:

- Munculnya sebuah celah untuk dapat mengakses segala data dengan kemungkinan tingkat kecurangan meningkat seperti halnya plagiarism yang dilakukan oleh siswa.

- Dapat mengganggu daya pikir seseorang dengan adanya akses-akses berkonten negatif.

- Mudahnya mempercayai sebuah ilmu tanpa dasar hasil dari perbuatan oknum-oknum tidak bertanggung jawab dan menyesatkan.

-Membuat siswa lupa waktu.

-Membuat siswa menjadi seorang pemalas.